Selasa, 25 Agustus 2020

Pengertian dan Fungsi Dari Page Setup Di Microsoft Office Word

Pengertian Page Setup Pada Microsoft Office Dan Fungsinya - Kita sudah tidak asing lagi dengan yang namanya microsoft office, seperti word, excel, power point dan masih banyak lagi. 

Sebelum kita mengetik untuk membuat suatu dokumen atau membuat makalah, atau surat surat penting, dan tugas sekolah pasti kita menggunakan microsoft office word karena sudah familiar dengan penggunaannya.

Tapi ketika kita ingin membuat dokumen dokumen seperti yang saya katakan tadi. Tentunya kita harus menentukan aturan-aturan standar yang harus kita penuhi seperti mengatur ukuran kertas, mengatur margin dalam dokumen, kolom dll.

Memodifikasi halaman itu perlu kita lakukan agar nantinya dokumen yang sudah kita buat akan terlihat rapih dan juga terlihat enak untuk dibaca dan tentunya kita akan terlihat lebih professional jika kita menerapkan cara page setup yang benar di microsoft office ini. 

pengertian dari page setup dimicrosoft office

Sebelum kita melanjutan kedalam cara bagaimana kita melakukan page setup yang benar, kita harus mengerti pengertian dan juga fungsinya terlebih dahulu, silakan kalian baca perlahan dibaca ini agar dapat paham.

Pengertian Page Setup Microsoft Office

page setup microsoft office adalah parameter yang ditentukan oleh pengguna yang membantu menentukan bagaimana halaman yang dicetak muncul. Parameter tersebut dapat mencakup semuanya mulai dari ukuran, margin, orientasi halaman, dan kualitas cetakan.

Lebih jelasnya, ini adalah menu yang memungkinkan pengguna menyesuaikan ukuran dan tata letak halaman. Kotak dialog penyetelan halaman biasanya tersedia dari menu drop-down file. 

Untuk Microsoft Word 2007 atau yang lebih baru, opsi penyetelan halaman tersedia di bawah tab Tata Letak di menu Pita.


Pengaturan halaman  adalah langkah yang sangat penting dalam memproses dokumen Word. Penataan ini tentunya bertujuan untuk menghasilkan konten yang rapi, sistematis, mudah diatur / diedit, dan dapat menghasilkan dokumen cetakan yang sesuai dengan harapan saat mencetak / mencetak halaman.

Saat ini, ketika kita berbicara tentang apakah seseorang dapat menggunakan komputer, khususnya komputer yang berhubungan dengan aplikasi dokumen perkantoran, hampir dapat dipastikan bahwa rasio ini sangat tinggi.

Namun, jika kita berbicara tentang seberapa dalam kemampuan mereka dalam menggunakan aplikasi Office, maka jawabannya adalah bahwa bahkan untuk aplikasi Microsoft Word yang sangat populer, hanya sedikit orang yang memiliki pemahaman yang baik tentang aplikasi Office.

Saya harap diskusi tentang pengaturan halaman ini dapat membantu penghuni Office yang terampil meningkatkan kemampuan mereka untuk menggunakan aplikasi pengolah kata Microsoft Word.

Oke selanjutnya, fungsi dari pagesetup ini.

Fungsi Page Setup Microsoft Office

Dibawah ini saya akan memaparkan sedikit dari manfaat menggunakan page setup di word di bawah ini.
  • mengatur margin dan batas tepi di lembar kerja di ms word
  • menyesuaikan model pada lembar kerja di word ( orientation )
  • digunakan untuk memberi judul pada halaman
  • mengatur break page setup
  • mengubah background di halaman word
  • mengatur kertas ketika kita akan melakukan print out.
jadi page setup berfungsi untuk mengatur apa saja yang berkaitan dengan kertas di microsoft word seperti yang sudah saya jelaskan di atas.

Baiklah, sudah mengerti ya gambaran mengenai page setup yang ada di ms word? saya harap dengan membaca artikel ini kalian bisa memahami fungsi page setup yang ada di ms word.

Terlebih lagi kalian adalah seorang admin, pastinya akan lebih sering berurusan seperti dokumen dokumen. Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Jika ada saran, kritik atau sebuah masukan silakan ketikan itu semua dikolom komentar.

Sekian Terimakasih.

0 Comments:

Posting Komentar