Rabu, 19 Agustus 2020

Cara Mudah Untuk Merawat Hardisk Laptop dan Komputer Agar Tidak Cepat Rusak

Tips Untuk Bagaimana Cara Benar Merawat Hardisk Komputer Kita Atau Hardisk Laptop Kita Agar Tidak Mudah Rusak - Mungkin tidak sedikit dari kita yang pernah mengalami hardisk rusak, ntah itu hardisk komputer atau laptop kita. Apalagi harddisk tersebut ada data data penting yang belum dibackup, pastinya akan sangat menyebalkan bukan? Apalagi datanya itu file skripsi haha 😆.

Banyak yang tau dari kita kalau fungsi utama hardisk itu adalah untuk menyimpan data data kita atau bisa menjadi penyimpanan sistem operasi, seperti windows atapun linux. Untuk melakukan perawatan hardisk agar hardisk kita tidak mudah rusak ataupun memiliki umur yang panjang tingkat kesulitannya itu bisa dibilang mudah bisa dan bisa juga dibilang tidak cukup mudah.

cara merawat harddisk


Kenapa kita harus merawat hardisk kita? 

Alasan pertama, mungkin sekarang banyak yang bilang hardisk ini murah, tapi tidak sedikit juga orang yang bilang bahwa hardisk ini mahal. Tapi untuk hardisk ini harganya sih bermacam macam mulai dari 350ribu sampai 1juta, bahkan yang harganya diatas 1juta pun ada.

Untuk hardisk 500GB saja kita bisa mengeluarkan dana kurang lebih 600ribu untuk hardisk laptop dan untuk hardisk pc atau komputer kita bisa mengeluarkan sebesar sekitar 180ribu sampai 600

Gambar dibawah saya ambil dari bukalapak untuk estimasi harga saja.

sumber: bukalapak | Harga Hardisk laptop

Sumber Bukalapak | Harga hardisk Komputer 

Maka dari itu kita harus bisa menjaga atau merawat hardisk pada perangkat komputer atau laptop kita. Ya..kalau komputer atau laptop kalian masih dalam masa garansi dan hardisknya rusak itu bisa kita claim saja tanpa harus mengeluarkan dana sedikitpun, tapi bagaimana dengan yang masa garansinya sudah habis? tentunya mereka harus membeli hardisk jika hardisk lamanya sudah rusak, benar bukan?

Alasan kedua, hardisk cocok digunakan sebagai media penyimpanan data yang bisa menyimpan banyak data dibandingkan dengan ssd, tapi hardisk tidak bisa memiliki speed write/read yang sebesar ssd. (Baca juga: Perbedaan Hardisk dan juga SSD).

Hardisk 500gb yang seharga sekitaran 300ribu hingga 600ribu bahkan lebih itu seharga dengan ssd yang memiliki ukuran sekitar 120GB saja, gambar dibawah hanya untuk estimasi harganya saja dan saya ambil dari toko online bukalapak, setiap tempat beda harga beda rasa yaa....

sumber: bukalapak |Harga SSD 120GB Di Bukalapak

Tapi Jika kalian membeli ssd dengan harga yang setara hardisk 500gb kalian tidak rugi ko, karena kita mendapatkan speed write/read yang tinggi dibandingkan dengan hardisk dan ssd cocok untuk dijadikan sebagai media penyimpanan sistem operasi.

Nah dari dua alasan tersebut mungkin kalian sadar dan paham bahwa kita harus merawat hardisk laptop ataupun komputer kita, nah langsung saja kita bahas bagaimana cara untuk merawat hardisk pada laptop atapun komputer kita.

Cara Atau Tips Untuk Merawat Hardisk Agar Tidak Mudah Rusak dan Menjadi Awet

Langkah-langkah cara untuk merawat hardisk agar memiliki umur panjang dan juga tidak mudah rusak, antara lain yaitu:
  • Lakukan defragment hardisk 
  • Jangan terlalu sering ganti ganti sistem operasi atau install ulang
  • Matikan komputer ataupun laptop dengan benar, jangan matikan komputer ataupun laptop secara paksa
  • Untuk pengguna laptop hindari dari benturan yang keras atau guncangan keras
  • Buat partisi secukupnya saja
  • Jaga suhu hardisk dalam kategori normal
  • Jangan bermain laptop di kasur
  • Jauhkan hardisk dari yang benda memiliki sifat magnet
  • Pengguna PC atau komputer pasang stabilizer atau stavolt
  • Usahakan Jangan sampai hardisk penuh

Defragment pada hardisk

Dengan semakin sering kita menggunakan hardisk maka file atau dokumen atau data data yang ada di hardisk kita akan mengalami proses fragmentasi dan tentu bisa membuat performa atau write/read pada harddisk menurun.

Apalagi Jika laptop ataupun komputer kalian sering digunakan dan kalian masih menggunakan hardisk sebagai media penyimpanan utamanya tentu hardisk akan berkerja keras dan terlebih lagi posisinya kalian menggunakan windows 10 dengan animasi yang tidak di disable, pastinya itu akan membuat hardisk berkerja keras. 


Salah satu merawat hardisk yaitu dengan melakukan deframent pada hardisk. Inti dari defragment itu adalah untuk proses untuk mengembalikan atau merapihkan file file yang tidak beraturan pada piringan hardisk, dengan kita melakukan defragment tentunya file file yang tidak beraturan itu akan di susun atau dirapihkan ke tempat yang benar didalam piringan hardisk dan cara ini juga bisa menjadi solusi untuk mencegahnya terjadi badsector pada hardisk dan menjadi tidak cepat rusak.

Note: Jangan lakukan defagment hardisk terlalu seing karena itu bisa menyebabkan umur hardisk yang menjadi pendek.


Jangan terlalu sering install ulang OS

Saat posisi hardisk kita sudah ada file sistem operasi ataupun data dengan kita melakukan install ulang os (operating system) kita akan membuat menyuruh si hardisk ini untuk menghapus data atau file sistem operasi yang ada didalam dan membuatnya lagi menulis data atau file sistem operasi kembali.

Jika itu dilakukan terus menurus atau terlalu sering maka bisa menyebabkan read/write atau performa pada hardisk menjadi turun. (baca juga : Penyebab Komputer Menjadi Lemot).


Matikan Perangkat komputer dan laptop dengan benar


Banyak yang laptopnya atau komputer pribadinya masih memakai hardisk tapi untuk mematikan perangkatnya tidak dengan cara yang benar. Ada yang langsung menekan tombol power secara lama hingga membuat komputer atau laptop tersebut mendadak langsung shutdown atau mati. 

Padahal dengan mematikan paksa komputer atau laptop itu bisa membuat si harddisk menjadi berhenti berkerja secara paksa. Saat si hardisk sedang berkerja untuk memproses data yang banyak dan saat kalian mematikan paksa terdengar suatu bunyi seperti suatu gesekan bukan? yap itu hardisk yang mendadak berhenti bertugas karena dimatikan paksa.

Dan jangan terlalu sering menggunakan mode sleep pada laptop atau komputer yang masih menggunakan hardisk, upgradelah ke ssd dengan ssd tidak perlu khawatir untuk yang kebiasaan dengan mode sleep.


Hindari dari benturan dan jatuh

Jika kalian menggunakan harddisk eksternal usahakan jangan sampai hardisk external kalian terbentur oleh sesuatu dengan keras apalagi sampai jatuh, karena hardisk itu rentan akan benturan karena didalam hardisk berupa piringan bukan chipset atau flash memory seperti ssd.


Tidak berlaku hanya untuk hardisk external saja, laptop yang menggunakan hardisk pun juga perlu dihindari dari benturan atau jatuh, karena tidak hanya hardisk saja yang rusak bisa jadi part lainnya juga ikut kena, contoh part LCD pada laptop kalian menjadi pecah.


Buatlah partisi secukupnya

Jika kalian memiliki hardisk yang ukurannya 500gb lebih atau bahkan sampai 1tb lebih ada baiknya jika tidak membuat atau membagi partisi partisi hardisk dengan jumlah banyak, buatlah partisi hardisk nya itu secukupnya saja. 

Memang sih jika kita membagi atau membuat partisi itu cukup efektif untuk meletakan file atau folder dengan rapih dan tertata, tapi jika membutuhkan partisi yang banyak untuk merapihkan atau mentata file file yang ada didalamnya ada baiknya menggunakan dengan perbanyak folder untuk merapihkan file file didalam hardisk.

Kenapa disarankan seperti itu atau kenapa tidak boleh membuat partisi yang banyak? karena cara tersebut akan membuat fragment menjadi ikut terbagi dan proses read and write pada sebuah hardisk akan menjadi terganggu.

Disarankan untuk membuat 2 sampai 3 partisi saja.


Pasang Stabilizer atau stavolt pada Komputer mu

Dengan adanya listrik yang tidak stabil atau listrik suka mati dengan tiba tiba itu merupakan musuh dari hardisk. Layaknya laptop jika laptop dipaksa mati dengan menekan tombol power maka hardisk akan rusak begitu pula dengan hardisk pada komputer.


Jangan main laptop dikasur 

Tidak satu atau dua orang yang pernah melakukan ini kadang saya pun khilaf bermain laptop dikasur. Tapi dengan kita bermain laptop dikasur tentu nya sirkulasi udara pada laptop menjadi terganggu dan suhu hardisk akan meningkat tapi tidak hanya hardisk tentunya beberapa komponen menjadi ikut panas dan bisa overheat. 


Usahakan jangan sampai hardisk mu menjadi berwarna merah

HDD adalah tempat penyimpanan data dan tentunya menjadi hal wajar jika ada hardisk yang sudah menjadi berwarna merah atau penyimpanannya hampir penuh. Namun kalian tahu? Jika hardisk sudah menyentuh warna merah atau tempat penyimpanannya penuh itu akan membebani kinerja si hardisk itu sendiri.

Seperti layaknya smartphone atau handphone yang biasa kita gunakan, jika penyimpanannya habis itu akan terasa berat saat kita gunakan.


Hindarkan hardisk mu dari magnet


Hardisk adalah perangkat keras yang memakai komponen mekanik, seperti halnya mematikan pc atau laptop secara paksa hardisk akan bisa rusak, begitu juga jika hardisk kita didekatkan oleh magnet atau yang mengandung magnet.

Karena sebuah magnet dapat membuat komponen komponen didalam hardisk menarik dengan paksa kearah magnet, karena didalam hardisk itu ada yang berbahan seperti besi jika didekatkan oleh magnet maka akan terjadi saling tarik menarik antara magnet dan hardisk.


Mungkin ini saja yang bisa saya sampaikan, maaf jika ada kata yang kurang dimengerti atau salah menulisakn kalimat atau informasi. Jika kalian menemukannya kalian bisa report ke admin melalui kolom komentar ataupun melalui kontak page di blog ini.

Jika ada yang ingin memberikan saran, kritik dan masukan kalian bisa tulisan itu semua didalam kolom komentar.

Sekian Terimakasih.

0 Comments:

Posting Komentar