Kamis, 06 Agustus 2020

Bagaimana Cara Untuk Mengatasi Laptop Atau Komputer Lemot

Mengatasi Laptop Atau Komputer Yang Lemot Atau Lambat - Tapi ada caranya ko untuk mengatasi lemot atau lambat pada perangkat komputer kita ataupun laptop kita, baiklah langsung saja kita bahas bersama seperti apa sih atau apa saja sih solusi untuk mengatasi komputer atau laptop kita yang lemot? 
mengatasi komputer dan laptop menjadi lemot

Solusi Mengatasi Komputer atau Laptop Lemot


1. Ganti Harddisk Dengan SSD 

Kenapa saya sarankan untuk mengganti harddisk dengan ssd? karena jika kalian menggunakan ssd untuk melakukan booting ke windows, membuka aplikasi itu akan terasa cepat, sangat berbeda rasanya jika kalian masih menggunakan harddisk, kalian bisa melihat video dibawah ini yang dimana video tersebut melakukan test atau compare antara HDD dan juga SSD pada booting system. Silakan di simak.

sumber : channel youtubeKrzychEMC


2. Upgrade kapasitas ram

Dengan menambahkan ram pada perangkat kalian, tentunya akan memperlancar saat kalian melakukan multitasking atau membuka beberapa aplikasi secara bersamaan dan juga tambahlah ram sesuai dengan yang di support oleh perangkat kalian masing masing, ntah itu type ram dll. Jangan sampai salah beli ram ya,,

contohnya: 

laptop kalian hanya support menambah ram sampe dengan 8GB dan ram bawaan atau ram default kalian sebesar 4GB otomatis kalian harus menambahkan 1Keping ram lagi berukuran 4GB agar dapat terbaca oleh perangkat kalian.

Menambahkan ram juga tidak bisa asal, kita harus menyamakan type ram nya contoh simplenya: 

Jika kalian memiliki laptop dan terdapat 1slot ram pada mainboard kalian, kalian dan ram default kalian adalah DDR3 yang hanya bisa di upgrade hingga 8GB DDR3 maka kalian harus membeli ram type DDR3 jangan yang DDR2 dikarenakan tidak cocok dan juga slotnya pun juga berbeda dan juga sesuaikan besar ukurannya dengan kapasitas yang masih di support.

Buat kalian yang masih bingung untuk memilih ram kalian bisa menonton video dari channel ulasan.id yang membahas tentang tips memilih memori ram 

sumber : channel youtube ulasan.id


3. Menggunakan operating system yang ringan

Kalian bisa menggunakan salah satu sistem operasi yang ringan untuk mengatasi lemot pada laptop kalian, windows 7 merupakan sistem operasi yang ramai digunakan karena UI nya yang simple dan juga bisa dibilang ringan.

Dan juga banyak distro linux yang bisa dibilang ringan, seperti salah satunya yaitu:
  • xubuntu
  • lubuntu
  • mint xfce
  • mx linux
  • CBPP
  • Puppy linux
  • Tiny core
  • dan masih banyak lagi..
Tetapi seharusnya jika kalian sudah menggunakan ssd makai windows 10 pun tak masalah karena ssd sendiri memiliki speed yang cepat.


4. Bunuh semua virus di komputer mu 

upgrade ram sudah, pasang ssd sudah tapi ko masih terasa suka lemot ya, coba deh kalian scanning pc kalian menggunakan anti-virus siapa tau ada virus yang bernaung di dalam sistem operasi kalian.

Yang menggunakan windows 10 kalian bisa scanningnya menggunakan anti-virus bawaan yaitu windows defender, atau kalian yang menggunakan windows 8? windows 7? kalian bisa menggunakan anti-virus seperti smadav, kapersky, Eset NOD32, Avast dll.


5. Matikan semua aplikasi yang berjalan di background dan disable animasi pada sistem operasi

Yap, jika kalian telah melakukan install banyak aplikasi yang dimana aplikasi itu running saat startup itu tentunya bisa membuat laptop atau komputer kalian terasa berat saat first boot dlll, jika memang benar berat dikarenakan banyak aplikasi yang startup saat first boot kalian bisa mematikannya melalui

Atau seperti di windows 10 banyak animasi animasi yang tersedia di windows 10, jika menurut kalian animasi itu bisa membuat komputer atau laptop kalian menjadi berat saat booting atau open apps kalian bisa ko untuk mematikan animasinya juga.


Ini saja yang bisa saya sampaikan pada artikel kali ini semoga bisa bermanfaat untuk kalian, jika ada yang ingin menambahkan kalian bisa ketikan saja di kolom komentar biar nanti admin lihat dan lakukan update pada artikel ini.

Atau kalian yang ingin memberikan saran, kritik, masukan dan sebagainya pada artikel ini atau blog ini, kalian bisa ko mengetiknya atau memberitahukan kepada admin melalui kolom komentar dibawah atau bisa juga melalui halaman kontak.

Sekian terimakasih.

0 Comments:

Posting Komentar